Banda Aceh – Kepala MIN 6 Banda Aceh , Hilmiyati, S. Ag., MA mengikuti kegiatan Penelaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), bertempat di MAN 1 Banda Aceh. PKKM merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah.

Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Adapun kegiatan PKKM yang diikuti oleh Kepala MIN 6 Banda Aceh yaitu periode masa kerja empat tahun. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (29/11) mulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB itu dihadiri oleh tujuh orang penguji dan tiga orang perwakilan MIN 6 Banda Aceh.

Untuk mengikuti proses pelaksanaan penilaian tersebut, masing-masing Kepala Madrasah diharuskan mempersiapkan berkas sesuai instrument PKKM yang dibutuhkan. Kegiatan diawali dengan pengarahan dari tim penguji PKKM, dilanjutkan prestansi dari kepala MIN 6 Banda Aceh dan wawancara dengan Kepala Madrasah, penilaian dan pengarahan tentang hal-hal yang perlu dibenahi dalam penilaian ini. Hasil penilaian kinerja Kepala madrasah secara periodik itu nantinya diharapkan dapat digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan dan kemajuan madrasah serta kesejahteraan warga madrasah.

Terkait hal tersebut salah satu penguji, Fikria menggarisbawahi perlunya upaya peningkatan dalam bidang Supervisi untuk melatih guru dalam hal RPP, kreativitas dan inovasi, sehingga diharapkan madrasah mempunyai nilai plus yang jarang dimiliki oleh madrasah lain.

Sementara itu Kepala MIN 6 Banda Aceh , Hilmiyati, S. Ag., MA yang juga turut menjadi peserta dalam kegiatan PKKM tersebut menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu. “Yang diuji berkenaan dengan kinerja Kepala Madrasah yang meliputi 5 komponen yaitu meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan dan Kinerja Kepala Madrasah”.